Discover Perak, Malaysia with Gaya Travel : Gua Tempurung

7th April 2015.

Pagi-pagi tepatnya jam 6 pagi kami sudah bersiap menuju Malaysia Tourism Center. Kami dijemput oleh Anas dari Gaya Travel. Wohoo menghemat waktu dan juga ongkos menuju tempat yang di tuju, thanks Anas.

Akhinya kami sampai di Malaysia Tourism Center, masih sepi namun sudah ada Bis yang sudah siap menjemput kita menuju perak.

20150407_071240

Setelah beberapa lama, akhirnya nya muncul satu persatu orang yang akan mengikuti Discover Perak ini. Rasanya masih gak percaya bisa di undang ke acara ini. Beberapa undangan yang ikut adalah blogger-blogger, wartawan, dan jurnalis yang kebanyakan berasal dari Malaysia. Rasa malu dan deg-degan masih terasa sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk berkenalan dengan mereka.

20150407_093145

Waktunya pun tiba, kami siap untuk berangkat menuju Perak. Keseruan lain adalah kita dikawal oleh para Polis Malaysia, 1 buah Mobil dan 2 buah Motor besar Khas Polis. Ssaya udah kaya pejabat aja, mereka memberhentikan kendaraan-kendaraan untuk kami bias jalan lebih lancar.

Perjalanan yang kami tempuh kurang lebih sekitar 3 jam dari Kuala Lumpur menuju Perak. Perlu di ketahui Perak adalah salah satu Provinsi yang ada di Malaysia dengan Ibu kotanya adalah Ipoh.

IMG_9364
Gua Tempurung

First destinantion kita di hari pertama adalah menuju Gua Tempurung untuk menikmati keindahan dalam Gua yang merupakan Gua terbesar kedua di Malaysia. Nama Tour yang disajikan adalah Top Of The World yang dimaksud adalah bahwa kita akan berjalan kedalam gua dengan puncak tertinggi didalamnya.IMG_9377

Gua ini sendiri terdiri dari 4 tingkat perjalanan, dimana di tingkat 4 yang paling jauh, dibutuhkan waktu hingga 6 jam untuk menelusuri Gua ini hingga habis. Jadi kami hanya mampu melakukannya hingga 2 tingkat saja yang dapat ditempuh selama 1 jam 45 menit pulang pergi.

IMG_9394

Duration :  1 hour 45 minutes

(from entrance to Top of the World at platform 5 and return)

Time : Tours are conducted from 9am to 3pm (last entry at 3pm)

Fees

RM9.00 (Adult)

RM4.50 (Child aged 6 to 12 years)

RM3.00 (Senior Citizen aged 60 years and above)

Ketinggaian gua ini mencapai 120 meter dengan 640 anak tangga dari dasar hingga atas, namun kebayangkan kalo pulang pergi total anak tangga yang kita lalui adalah 1280 anak tangga. Lumayan sekalilan membakar lemak haha.

IMG_9387

Pertama kali masuk kedalam gua, saya langsung takjub dengan keindahan dalam Gua yang eksotis. Terdapat beberapa cahaya masuk yang memantul pada dinding gua sehingga terbentuk lukisan indah yang membuat saya terpesona akan gua ini. Jika kamu memiliki Imajinasi yang baik, kamu mungkin dapat bereksempatan untuk melihat bentuk-bentuk unik yang terdapat pada relief-relief dinding gua ataupun bongkahan-bongkan batu yang terbentuk secara alami.

IMG_9394

Adapula lukisan-lukisan yang terbentuk secara alami yang terlukis oleh kencing kelelawar yang bergantung di atas gua sehingga membentuk lukisan-lukisan yang unik. Namun kamu harus menahan nafas atau sekedar menutup hidung mu dengan tangan karena bau menyengat dari kencing kelalawar dan kotorannya di awal-awal memasuki gua, namun tak perlu khaawatir karena semakin dalam sudah tak ada lagi bau menyengat.

ada pula peninggalan penggali tambang dahulu yang masih tersisa di dalam gua seperti pacul, sepatu, dan beberapa peralatan untuk menggali tambang.

IMG_9392

Di beberapa bagian, rasa panas mulai terasa karena tidak adanya udara yang masuk, namun saya merasa takjub karena tiba-tiba disatu lorong gua terdapat angin yang cukup besar yang datang dari depan dan belakang saya. Namun anehnya ketika saya berjalan sedikit menjauh, angin itu pun hilang.

akhirnya perjalanan pun berakhir, saya sudah mencapai puncak dan segera bergegas kembali ke pintu keluar untuk menyantap makan siang dan juga untuk segera mencoba Flying Fox di Gua Tempurung ini.

My Best Experience thanks to Gaya Travel and Perak Tourism yang udang mengundang saya ke acara ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s