AYAM MADU SI BANGKONG : RASAKAN SENSASI KENIKMATAN AYAM DI GIGITAN PERTAMA.

IMG_2728
Cabang Baru Ayam Madu Si Bangkong

Minggu yang lalu saya di undang untuk mencicipi salah satu kuliner yang namanya “Ayam Madu si Bangkong”. Awalnya saya mengira bahwa ayam ini mirip dengan ayam kodok yang tidak memiliki tulang dan daging yang sudah dicincang terlebih dahulu, karena bangkong adalah nama dalam Bahasa Sunda yang artinya adalah kodok. Ternyata semua perkiraan saya salah. Si Bangkong ternyata adalah nama panggilan dari pemilik rumah makan ini yaitu Kang Fajar Mandala. Konon katanya kang Fajar selalu di panggil Bangkong oleh teman-tamannya, haha nama panggilan yang unik.

IMG_2739
Suasana Ayam Madu Si Bangkong di Jalan Riau yang ramai.

Kang Fajar memulai bisnisnya ini di sekitar kampus Telkom University yang berada di jalan Babakan Ciamis yang sebelumnya ada di Sukabirus. Tempatnya tidak begitu besar namun pengunjungnya sangat ramai, dan kebanyakan Delivery order terutama mahasiswa Telkom.

Kini Si bangkong telah membuka gerai terbarunya di jalan Riau no.85 didepannya Kantor Kejaksaan Tinggi Bandung, atau lebih tepatnya di sebelah toko “Old and New” yang menjual berbagi barang etnik.

IMG_2734
Ayam Madu Si Bangkong Siap untuk di sajikan

Menu – Menu yang disuguhkan sangat lah khas makanan sunda, dan harganya cukup miring cocok banget untuk mahasiswa seperti saya ini. Harga makanan disini di bandrol mulai Rp.2,000 hingga Rp.17,000 an, murah kan ?.

IMG_1301
Ayam Madu Si Bangkong

Harga seporsi Ayam Madu Si Bangkong adalah Rp.15,000 an saja sudah termasuk dengan Nasi. Kalo kamu mau nambah kol goreng cukup maraup kocek Rp.2,000 saja.IMG_2736

Yang patut di garis bawahi adalah Kol goreng disini enaknya kebangetan ! saya sampe menambah porsi kol goreng hingga dua kali. Kol goreng nya renyah, dan dibumbui dengan baik,berbeda dengan kol goreng lainnya yang basah, dan terlalu berminyak.

IMG_1328
Sambal Cingcalo dan Ayam Madu

Owh ya Ayam Madu Si Bangkong ini merupakan resep asli dari Ibunda tercinta dari Kang Fajar. Ayam di bumbui khusus hingga meresap ke dalam lalu di goreng. Bentuknya seperti ayam bakar, tapi ini bukan dibakar. Kang fajar memang menambakan madu kedalam ayamnya sesuai nama nya Ayam Madu Si Bangkong sehingga ketika digoreng seperti ter “caramelized”. Dan jangan lupa untuk menambahkan Sambal “Cingcalo” yang isinya adalah sambal tomat, cabai dan berbagai bumbu lainnya yang bikin sambal ini, pedas, gurih dan seger banget.

IMG_1304
Gado – Gado Si Bangkong – Rp.9,000 (Jl.Riau)
IMG_1326
Pecel lele si Bangkong
IMG_2742
Bebek Madu Si Bangkong Siap Untuk di bawa pulang.

Selain Menu Ayam terdapat juga Gado-Gado, Lele dan Bebek Madu. Nah si Bebek ini hanya ada di gerai jalan Riau. Dan kamu wajib coba yang satu ini. Bebeknya hampir sama di bumbui dengan bumbu khusus , namun entah kenapa dagingnya sangat lembut dan tidak berbau amis.

IMG_2744
Kang Fajar bersama Crew Si Bangkong

Lokasi : 

Ayam Madu Si Bangkong

IG : @am_sibangkong

  • Jl. Babakan Ciamis, Belok Kanan setelah BNI dari gerbang utama

Buka Senin-Sabtu jam 8.30-20.00, bisa Delivery Sekitaran Kampus Telkom.

  • JL. Riau no. 85 (Halaman Old and New)

Buka Senin-Minggu jam 11.00-23.00, bisa Delivery sepanjang jalan Riau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s