Bale Udang – Indonesian Cuisine At Its Best.

 IMG_2958 
Sebelum kembali ke ibu kota, saya menyempatkan diri untuk lunch seru bersama Cindy dari Avilla untuk lunch di Bale Udang. Bale udang sendiri memiliki 2 tempat di Bali, satu di Kuta dan satu di Ubud, tapi saya hanya sempat mengunjungi Bale Udang di kuta karena Ubud terlalu jauh dari airport.

Sesampainya di Bale udang, terdengar khas dentuman khas suling sunda namun ada juga gamelan khas bali nya sehingga terdengar seperti music tradisional kontemporer yang unik. Ternyata Bale udang terdapat juga di tanah sunda dengan nama restorannya Mang Engking. Dulunya Bale Udang juga dinamai Mang Engking, namun kini berubah nama menjadi Bale Udang namun tetap dengan nama Mang engking di tulisan bawahnya. Alasannya karena agar orang-orang tertarik untuk dating dan agar orang tidak berfikir “ngapain jauh-jauh ke Bali kalo makannya makanan sunda lagi” gitu kataMbak Cindy dari Avilla.

Untuk suasana resto di Kuta ini cukup menarik, dengan adanya beberapa saung atau disebut juga dengan Bale dan juga kolam luas dibawahnya yang penuh ikan. Berbeda dengan Ubud yang mengusung tema sawah, jadi kita seperti makan di antara sawah, seru juga sepertinya. Terdapat pentungan di setiap saung untuk memanggil pelayan dan juga kucuran bambu dekat pintu masuk saung untuk mencuci tangan. Di saung yang diantara kolam, kaki kita bisa dturunkan kebawah tanpa harus mengenai air kolamnnya, tapi ini yang bikin saya insecure karena parno takut Handphone atau kamera saya terjatuh ke kolam. Cerita unik menurut Cindy adalah pernah ada beberapa bule yang selfie di dekat kolam dan akhirya salah satunya terjatuh ke kolam karena beban saung yang tidak kuat menahan badan besar mereka haha lagian selfie deket kolam jadi aja jatuhm gara—gara cerita itu saya jadi insecure deh takut nyebur.

Lanjut ke menu makanan nih. Menu yang paling favorit disini pastinya adalah udang, sesuai namanya dong Bale Udang. Menu udang favorit nya adalah “Udang Bakar Saos Madu”. Udang di bakar setelah sebelumnya diberi saus khas madu terlebih dahulu. Bumbunya meresap hingga kedalam dan mudah sekali untuk mencabut daging dari kulitnya karena daging menempel di tusukannya. Kalo kamu ke Bale Udang, kamu wajib pesan yang satu ini.

 

Udang bakar madu
 
Pengalaman menarik bisa nyobain makan di Bale Udang dengan signature makanan khas mereka berupa udang dan masakan asli Indonesia lainnya. kalo kamu berkunjung di Bali , kamu wajib datang kesini yah.

 

Ini juga salah satu menu Favorit saya disini, Udangnya juicy ditambah dengan saus telur asin yang gurih.

  Kangkung ala Bale Udang ini ditumis dengan baik.

Yang ini juga cocok untuk kamu cemil dengan di cocol ke saus sambal.

   
   
Opening Hours :

Opening hours, everyday 11am – 11pm WITA.

location :

Bale Udang Mang Engking Restoran.

Jalan Nakula no.88, Sunset Road Kuta 80361.

Bali – Indonesia.

Phone – +62361 894 7119 / 20

http://www.baleudang.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s