Kata Siapa Styrofoam Itu Berbahaya ?

Processed with VSCO with c4 preset

Hari Sabtu yang lalu tepatnya tanggal 13 Oktober 2018, saya berkesempatan hadir di acara yang menurut saya dapat mengedukasi kita tentang bagimana mengemas makan Take-away dengan baik. acara ini berlangsung di Kapulaga Bistro, Bandung yang mengundang banyak sekali teman-teman media dan bloggers untuk turut serta dalam event ini.

Processed with VSCO with c4 preset

Yang termasuk menjadi highilight di dalam acara ini adalah hadirnya Runner Up Master Chef Indonesia Season 2 yaitu Chef Vera Christiani yang turut menjelaskan tentang packaging yang aman untuk makanan Take-Away.

Processed with VSCO with c4 preset

Sebenarnya tujuan diadakan acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat cara agar makanan take-away tetap memiliki kualitas yangbaik, serta menjelaskan manfaat dari kemasan makanan berbasis polistirena (PS-Foam) atau dikenal dengan styrofoam.

Processed with VSCO with c4 preset

seperti yang kita ketahui bahwa Polistiren adalah bahan plastik yang banyak digunakan untuk pembuatan berbagai produk konsumen, yang dimana sifat dari Polistiren yang keras dan padat sangat bermanfaat bagi produk yang memerlukan kejernihan dan kestabilan. produk-produk ini dapat kita kenali di kehidupan sehari-hari kita seperti perabotan rumah tangga, suku cadang kendaraan, mainan anak-anak dan berbagai alat kesahatan. Polistiren ini juga dapat diolah menjadi bahan busa yang kita kenal dengan styrofoam sebagai alas makanan atau wadah daging beku.

 

Banyak sekali pendapat dari para ahli yang mengatakan bahwa penggunaan styrofoam ini aman untuk kemasan penyajian makanan. seperti yang dikutip dari pusat Harvard untuk analisi resiko,:

“Para Ilmuwan telah menyimpulkan bawah tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan pemaparan terhadap stiren dari makanan atau polistiren yang digunakan dalam wadah yang bersentuhan dengan makanan, seperti kemasan dan wadah penyajian makanan.”

 

Terdapat 7 alasan mengapa Polistiren ini aman untuk kemasan makanan :

  • Bersih, Higienis dan tidak berpori
  • Ringan
  • Mudah Di Olah
  • Bahan Isolatif yang Efektif untuk Keamanan Makanan
  • Masa Penyimpanan Lebih Lama
  • Kuat, Tahan Lama, dan Tahan Banting.
  • Ekonomis

Processed with VSCO with c4 preset

Yang menjadi HIGHLIGHT bagi saya adalah terdapat fakta bahwa bahan Polistiren ini mudah di olah atau dengan kata lain bahwa bahan ini dapat di daur ulang oleh kita. namun bagaimana mengolahnya ?

  • Styrofoam sangat bagus untuk menciptakan sekumpulan produksi teater, membangun komunitas kereta api model, dan digunakan sebagai dasar dekorasi hari libur.
  • Karena ringan dan faktanya terdiri dari 96% udara. Hal ini membuatnya sempurna untuk digunakan dalam memancing. Gunakan pengapung berukir kecil dari Styrofoam untuk dijadikan pengawas umpan Anda. Gratis, mudah digunakan, dan sangat andal.
  • Anda dapat menggunakannya di sekitar rumah. Melapisi tanaman pot dengan sedikit styrofoam dapat membantu tanaman kering lebih efektif, atau Anda juga dapat menggunakan serpihan styrofoam untuk mengisi kembali kursi, tas, bantal, atau boneka binatang lama. Jadilah kreatif dan tidak boros.
(Sumber : https://id.wikihow.com/Mendaur-Ulang-Styrofoam)

Bagaimana? ternyata penggunaan Styrofoam tidak selamanya buruk asalkan kita bertanggung jawab dengan penggunaan limbahnya dan juga dapat berfikir kreatif dalam penanggulangannya. Think Smart, Act Smart. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s